28 July 2023 16:59 WIB

By Ayu Phramesti

166 Views

Radikal Bebas Bikin Sel Kulit Rusak: Simak Bahan Aktif yang Dapat Memperbaikinya!

Paparan kulit yang tak terproteksi secara terus-menerus terhadap radiasi UV meningkatkan kerusakan dan mutasi DNA yang mengakibatkan penuaan dini dan kanker. Ketika DNA menyerap foton/energi dari radiasi UV-B, perubahan struktural nukleotida DNA dapat terjadi dan menghasilkan kerusakan untai DNA yang mengakibatkan kerusakan sel-sel kulit. Peningkatan stres oksidatif karena usia dan/atau penurunan aktivitas perbaikan DNA juga dapat menyebabkan akumulasi kerusakan DNA. 

Sebenarnya, terdapat Enzim perbaikan DNA secara alami di kulit untuk memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari, tetapi kemampuan perbaikan DNA ini semakin menurun seiring bertambahnya usia sehingga tanda-tanda penuaan kulit seperti kerutan semakin mudah muncul seiring bertambahnya usia. Sudah banyak penelitian membuktikan bahwa penggunaan tabir surya secara konsisten dapat mencegah kerusakan DNA dan melindungi kulit dari kanker kulit.

Tetapi selain sunscreen, ada juga loh bahan aktif dalam skincare yang memilliki kemampuan perlindungan dan perbaikan DNA, yaitu:

Turunan vitamin B3 atau sering dikenal niacinamide/nicotinamide dan vitamin B5 atau Panthenol

Nicotinamide adalah bahan penyusun nicotinamide adenine dinucleotide (NAD+) yang berperan penting dalam metabolisme seluler, produksi energi di dalam sel, dan satu-satunya substrat untuk enzim perbaikan DNA poli-ADP-ribosa polimerase (PARP). Defisiensi NAD+ meningkat ketika lapisan pelindung kulit terganggu atau ketika kulit terpapar faktor-faktor eksternal yang dapat merusak kulit seperti radiasi UV dan seiring bertambahnya usia. Penggunaan niacinamide membantu mengurangi kehilangan senyawa ini karena niacinamide digunakan dalam pembentukan NAD+ yang berperan dalam produksi energi dalam sel. Selain itu niacinamide melalui sifat antioksidannya dapat membantu menekan stres oksidatif yang diakibatkan oleh radikal bebas atau ROS, mengurangi peradangan/inflamasi, meningkatkan struktur kulit dan skin barrier, serta mencegah kerusakan dan penuaan kulit.

Pada studi in vitro yang dilakukan oleh Surjana et al. (2013), niacinamide mencegah hilangnya energi pada sel yang dikarenakan paparan sinar UV pada keratinosit (sel-sel kulit penghasil keratin) dan meningkatkan perbaikan DNA setelah radiasi UV. Peningkatan perbaikan DNA ini dapat memberikan peran pada perlindungan terhadap kerusakan kulit yang berujung pada timbulnya tanda-tanda penuaan. Selain niacinamide, panthenol juga menunjukkan potensi dalam melindungi kulit dari kerusakan DNA. Trullas et al. (2007) menunjukkan bahwa sebuah sel yang diberi niacinamide atau panthenol dan diradiasi dengan sinar UV menunjukkan lebih sedikit kerusakan DNA daripada yang tidak diberi apa-apa dan diradiasi. Temuan tersebut menunjukkan bahwa beberapa manfaat potensial niacinamide dan panthenol dalam melindungi sel kulit terhadap kerusakan DNA yang disebabkan oleh paparan dosis sinar UVB.

Niacinamide dapat kamu jumpai pada produk Touch Me Beauty yakni pada Magnificent Brightening Serum dan This Ease Me Mist Toner sedangkan panthenol dapat dijumpai pada This Ease Me Mist Toner, Fusion Revitalized Serum, Time Reverse Serum, dan Magnificent Brightening Serum.

Sumber:

Surjana, D., Halliday, G. M., & Damian, D. L. (2013). Nicotinamide enhances repair of ultraviolet radiation-induced DNA damage in human keratinocytes and ex vivo skin. Carcinogenesis, 34(5), 1144–1149. doi.org:10.1093/carcin/bgt017

Trullas, C., Recasens, M., & Palejero, C. (2007). Repair and protecting activity of niacinamide and dexpantenol against UV-induced skin damage. Journal of the American Academy of Dermatology, 56(2), AB164. doi:10.1016/j.jaad.2006.10.757

Fania, L., Mazzanti, C., Campione, E., Candi, E., Abeni, D., & Dellambra, E. (2019). Role of Nicotinamide in Genomic Stability and Skin Cancer Chemoprevention. International journal of molecular sciences, 20(23), 5946. doi:10.3390/ijms20235946